RSS

Rabu, 08 Januari 2014

Cerita 2


 Alkisah Bunga Kaktus



Inilah sebuah cerita dari sahabatku yang mulia hatinya.
Kisah awal cerita ini bermula saat kami sedang liburan, lama tak berjumpa dan kamipun saling tukar pendapat melalui pesan singkat lewat handpone. Sahabatku menanyakan.
Sahabatku : Uqkhty bunga apa yang paling kau sukai…???
Aku             : Bunga melati.
Sahabatku : Bunga Melati, ya… Bagus itu. kenapa kamu suka melati?
Aku          : karena bunga melati adalah bunga kesucian, walaupun bentuknya kecil namun setiap orang    ada kalanya selalu membutuhkannya. Kalau kamu, bunga apa yang paling kau sukai?
Sahabatku : saya suka bunga kaktus.
Aku          : Ha? Kaktus. Tak’adakah bunga yang lebih indah daripada kaktus?. Misalnya Bunga anggrek, sepatu atau  mawar begitu, yang warna dan baunya harum. Mengapa ?
Sahabatku : Bunga mawar itu walaupun indah tetapi dia punya duri yang bila terkena akan melukai dan menayakiti. Ya suka kaktus karena unik aja, bentuknya juga bermacam-macam.Pernah ngak kamu mendengar ceramah tentang kaktus?
Aku             : Ndak, malahan belum pernah. Memangnya kenapa?, Apa keistimewaannya?
Sahabatku  : cerita ini berasal dari negri arab sana. Begini ceritanya dalam ceramah yang saya dengar di ceramah jum’at.

Suatu hari seseorang hamba yang hidupnya di wilayah Timur Tengah tepatnya di negara arab sana, disana udara di siang panas dan gersang bila di malam hari udara sangat dingin. Karena orang tersebut berada di padang pasir dan bosan melihat hamparan pasir yang tak ada warna, diapun berdoa “Ya Allah, Hiasilah hamparan pasir ini dengan bunga yang indah dan kupu-kupu yang cantik”. Kemudian beberapa hari kemudian Allah mengabulkan dengan menumbuhkan pohon kaktus. Orang tersebut  menggerutu dalam hatinya sembari meminta dan berdo’a kepada Allah. “ Ya Allah aku ingin bunga yang indah, tapi mengapa Engkau menumbunkan kaktus yang berduri. Selang beberapa hari kemudian Si hamba itu melihat di padang pasir itu, nampak pohon-pohon kaktus tersebut terdapat banyak ulat berbulu gelap dan sangat mengerikan. Kemudian si hamba itu mengeluh dan merasa berdo’a “Ya Allah Kenapa engkau kirimkan ulat, sedangkan aku ingin kupu-kupu yang cantik. Orang tersebut merasa bahwa Allah tidak mendengar segala do’a-doanya dan tidak mengabulkan keinginannya. Keesokan harinya orang tersebutke padang pasir dan menjumpainya ada bunga yang indah di atas stangkai kaktus dan kupu-kupu yang cantik dan mengitari di atasnya.
Kemudian orang tersebut menagis dan tersenyum, dan menyadarinya Allah maha sempurna  dan pengabul doa. Dia sadar bahwa kadang rencana kita dengan Allahlah yang lebih indah dan lebi sempurna dan terbaik. Jadi kita dianjurkan untuk selalu bersyukur dengan apa yang terjadi pada kita, karena itu adalah bagian dari rencana Allah yang terbaik.
Aku        : SubhanaAllah, cerita yang sungguh mengesankan sahabatku. Selanjutnya akupun bertanya “ Sahabat, Apakah kamu bisa mencontohkan tentangcontoh nyata  cerita itu dalam kehid      upan serta keadaan yang saat ini ada?
Sahabatku : Oh, itu. Bisa saja, saya contohkan pada seseorang yang mempunyai tubuh kurang sempurna seperti kerdil misal ucok Baba. Apabila orang itu ikhlas dan tetap bersyukur dan terus bekerja keras, kemudian Allah memudahkan riskinya yang berlimpah. Begitu!
Aku       : Emhm.., begitu. Sahabat adakah kesimpulan yang ingin kau garis bawahi mengenai cerita yang telah kau ceritakan padaku?
   Sahabat   : Ya, tentu ada. Dari cerita itu kita bisa mengambil kesimpulan memang terkadang kita melihat sisi lain ulat,  bahwa dia si ulat itu menjijikan dan sebagian orang tidak suka. Nah itu pada dasarnya ulat di jelaskan sebagai sebuah musibah yang tidak disukai semua orang. iya kan?
Ulat berubah menjadi kupu-kupu yang indah itu melambangkan setiap ada suatu musibah pasti di balik itu ada hikmah terindah. Dan untuk mencapai itu ada 2 kunci yaitu ikhlas dan sabar.
Aku         : Ya, sahabat. Benar apa yang kau katakana, Terimakasih atas segala ilmu yang telah keu tularkan kepadaku. Saya juga ingin memberikan sedikit sanggahan. Bahwa Allah menciptakan seeorang yang pastinya mempunyai sesuatu kelebihan dan kekurangan. Namun apaupun itu jika kita selalu bersyukur, maka yakinlah bahwasannya dengan kita semakin banyak bersyukur maka Allah aka senatiasa memberika kita banyak kelimpahan rizki dan rahmat. Amin…,
                Semoga dari paparan cerita dari saya, yang pernah saya alami dengan sahabatku ini dapat menjadikan motivasi sekaligus renungan bagi kita untuk selau bercermin serta mensyukuri segala yang ada di dalam diri kita. Dari cerita di atas kita dapat mengambil manfaat sekaligus dapat menjadikan pelajaran berharga untuk diri kita masing-masing. Terimakasih, Salam SEMANGAT J.

0 komentar:

Posting Komentar