RSS

Kamis, 02 Januari 2014

Tips menjadi kiat sabar

Kiat menjadi Pribadi Sabar
oleh: Anggun Nofitasari


            Kesabaran itu amat berbanding lurus dengan tingkat keyakinan kepada Sang Maha pencipta (Allah). "dalam suatu surah dalam (QS. Al- Baqarah [2] : 156-157).
            "Alladziina idzaa ashaabathum mushibah qaaluu innalilahi wainna ilaihirajiun. Ulaika'alaiyahim shawatum minrab muhtadun". yang artinya yaitu orang-orangg yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Inna lilaahi wa innaa illaihi rajiun". Mereka itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari tuhan mereka, dan mereka itulah orang yang mendapat petujuk. (QS. Al- Baqarah [2] : 156-157).
            Maa ashaabaminmushibatin Illa biizin. wamayyu, minbillahi yahdiqalbah" (QS. At Tagahabun [64] : 11) dan orang yang yakin bahwa apapun yang mutlak terjadi karena izin Allah. Makhluk hanya sebagai jalanya saja. Nggak ada kejadian tanpa izin Allah.
            Ketika kepala tertimpa batu maka yakinlah bahwa itu izin Allah karena tidak bisa orang melempar tanpa izin Allah.
           Bahkan ketikasedang berjalantiba-tiba hidung kita kena kotoran burung, maka kita harus mikir, "Inilah yang jalan begitu banyak, kenapa yang kena hanya kita dan tepat di hidung kita?" yakinlah, hakikatnya semua itu adalah pekerjaan Allah. Mungkin kita harus berHusnuzon dengan Allah, bahwasannya itu merupakan izin Allah. Mungkin itu sebagai pertanda untuk memperingatkan kita, agar kita tidak berfikir kotor yang mungkin melebihi dari kotoran burung. 

          Ketidaksabaran timbul ketika kita melihat makhluk yang hebat ataupun kedudukannya di atas  kita dan makhluk sebagai sumber. Padahal makhluk cuma jalan (perantara). kalau fokus kita kepada makhluk maka kualitas kesabaran kita akan berkurang. Tapi kalau kita melihat Allah yang Maha Menguasai setiap kejadian yang ada, maka kita akan meningkatkan kesabaran.
          Orang yang targetnya akhirat maka kesabarannya akan meningkat. Sabar itu berat awalnya tapi manis akhirnya. Latihan sabar adalah latihan kesungguhan. Latighan sabar adalah latihan kemuliaan. karena tiada pahala orang yang terputus kecuali pahala orang yang ahli sabar.


                    Sumber: Adullah Gmynastiar. 2002. Indahnya Kesabaran. :Bandung. MSQ Pustaka Grafika



0 komentar:

Posting Komentar