RSS

Kamis, 26 Desember 2013

Tips

Cara Efektif
Jadi Remaja Kreatif

Oleh: Anggun Nofitasari


Menjadi seseorang yang punya jiwa kratif itu merupakan impian banyak orang. Dalam kehidupan ini kita dituntut untuk bisa membuat sesuatu benda atau apapun yang di harapkan dapat memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan bertamabah nilai kegunaanya dengan kreativitas kita untuk mengolahnya.

Kreatif bukan merupakan bakat. Semua orang bida jadi kreatif dan bisa dilatih. Kita bisa juga membuat hobi menjadi gaya hidup menjadi lebih baik dan bermakna tentunya dengan menghasilkan suatu produk yang berguna bagi kepentingan orang lain.

Berikut ini cara untuk melatih dan mingkatkan jiwa kreativitas kita:
  1. Bawalah buku catatan kecil, kemanapun kita peri karena ide tidak tahu kapan datang dan munculnya. Apaupun itu tulislah!
  2. Buatlah daftar dari ide-ide yang kita catat atau coret-coret di buku catatan.
  3. Terbuka kepada orang lain. Dengan membuka diri maka kita akan mendapatkan informasi dari orang lain lebih banyak dan bisa menjadi ide yang baru.
  4. Mencoba sesutau yang berbeda. Seperti membuat tantangan baru setiap harinya. Hal ini bisa membuat otak kita terus bekerja mencari solusi yang kreatif untuk menyelesaikan tantangan.
  5. Beristirahatlah yang cukup dan mennenangakn diri sejenak menghimpun energy untuk mengumpulkan atau mengerjakan ide-ide yang baru.
  6. Berteman dan berkumpulah dengan orang-orang yang kreatif. Selain bisa meningkatkan kreativitas, hal ini juga bisa menjaga agar terus dalam aura yang positif kreatif.
  7. Mintalah pendapat dan saran orang lain. Opini orang lain akan membuat kita bisa meningkatkan level yang lebih baik.
  8. Berani berbuat salah dan jangan menyerah. Keberanian maengambil resiko bisa menjadi pembelajaran untuk memperbaiki kualitas. 
  9. Traveling ke tempat baru dan bersenang-senang. Tempat-tempat baru akan membuka wawsan kita dan pemikiran-pemikiran baru akan bermunculan, berseng-senanglah.
  10. Bersyukurlah karena dengan bersyukur kita bisa berfikir jernih dan mengoptimalkan potensi yang telah atau sedang kita miliki.
  11. Ciptakan cara kerja sendiri. Jika kita nyaman dengan cara kerja kita apapun kan menghasilakan yang terbaik.
  12. Kerjakan sampai selesai! Orang yang dikatakan kreatif itu apabila semua ide yang kita dimilikinya menjadi nyata.
(Sumber: majalah MOP, Edisi 371juli 2013) 

Nah, dari paparan di atas terdapat poin-poin ataupun langkah-langkah untuk menuju para remaja yang aktif, kreatif dan inovatif dalam mengahdapi persaingan era global yang semaki mendunia ini. Perlu kita tau bahwasannya sekarang di zaman serba modern ini, dalam negara yang sedang dirundung berbagai skandal polemik. Sungguh ironis sekali generasi penerus bagsa kita bangsa Indonesia lebih menyukai produk luar negri daripada cinta produk sendiri. Maka hal inialah yang menjadi faktor melemahnya pemasaran produk Indonesia. Para produsen harus memikirkan ke dua kali untuk menambah produknya ke konsumen tak hanya itu nilai jualnya pun terasa sengat rendah sehingga belum cukup untuk mengembalikan modal awal. Okey semoga bisa manfaat.J

0 komentar:

Posting Komentar