RSS

Rabu, 25 Desember 2013

Opiniku


Langkah Maju
 Dengan Mengembangkan Pengalaman Pribadi
Oleh: Anggun Nofitasari


Setiap insan tidaklah terlepas dari lika-liku dalam menyusuri perjalanan kehidupan. Entah itu mempunyai perasaan sedih,senang, khawatir, takut, terharu,duka, bahagia,dan segala rasa lainnya masih ingat kan sobat semua seperti iklan permen nano-nano “Rame Rasanya”. Namun dari serangkaian itulah manusia dapat tumbuh untuk menjadi lebih dewasa dan bijak dalam menyikapinya. So be action, Now!!!
Melalui beragam pengalaman-pengalaman itulah sebenarnya yang akan membentuk mental dan karakter untuk menuju suatu langkah lebih maju dalam diri seseorang. Misalkan saja seseorang yang mempunyai pengalaman dalam bidang organisasi, maka akan membentuk dalam jiwanya serta membuka wawasannya untuk memahami dan mengenali masing-masing orang serta  karakteristik pribadi yang akan berujung akan saling menghargai berbagai pendapat.
Pengalaman itu terjadi karena kebetulan atau dapat juga karena unsur kesengajaan. Pengalaman meliputi unsur fisik dan nonfisik, yang kesemuannya itu pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Yang jelas sesorang yang memiliki ambisi untuk maju tidak segan-segan untuk mencari pengalaman-pengalaman baru serta mengembangakannya. Tanpa sebuah pengalaman dalam diri seseorang tersebut, maka dia tidak akan pernah mengetahui segala kekurangan yang ada di dalam diri. Dalam hai ini juga tidak akan pernah mengetahui peristiwa-peristiwa terbaru yang terjadi. Maka pilihan untuk menutup diri dalam era global sekarang ini merupakan tindakan yang kurang tepat sobat.., Yapzz kita tentunya kan ketinggalan dalam segala hal di berbagai bidang pengetahuan.
Pengalaman itu sebenarnya banyak banget tanpa kita sengaja ataupu tidak kita sengaja. Pengalaman yang sifatnya sengaja misalnya membaca buku, berorganisasi, mengikuti kursus-kursus, mendengarkan acara TV atau radio, mengikuti seminar/ceramah. Dari berbagai pengalaman di atas tersebut kita akan mengambil  hikmah ataupun manfaatnya.
Berorganisasi
1.      Dalam mengikuti organisasi kita akan belajar bertanggung jawab karena amanat yang             dibebankan kepada kita, selain itu akan menambah kedewasaan kita.
2.    Mengeahui karakterpribadi masing-masing orang serta dapat belajar untuk menghargai       pendapat masing-masing orang.
3.         Pergaulan kita menjadi supel karena kita sering berorganisasi.
4.   Terbiasa berkomunikasi dengan orang lain dan bertukar pendapat sehingga akan sangat  membantu kita untuk termotivasi agar lebih maju.
5.     Mempermudah gerak langkah ataupun  sebagai cenel kita, misalnya dapat bekerja sama dan sebagainya.
6.         Punyasimpati serta rasa sosial yang tinggi.
Membaca buku
Buku-buku yang kita baca tentunya buku-buku yang bermanfaat tidak asal membaca buku yang dirasa kurang bermanfaat. Misalnya buku-buku yang yang menunjang pembelajaran contohnya buku ilmiah, buku agama, buku ensiklopedi dan buku-buku yang berisi tups-tips. Manfaat dari kita membaca di antaranya:
1.         Kosa kata kita akan bertambah sehingga mempermudah dalam keterampilan berbicara.
2.         Menembah wawasan pandang kita untuk yakin dan tegas sebagai bekal dalam       melangkah.
3.         Secara tidak disadari kita dengan membaca kita akan ter up-date tentang permasalahan yang sedang  terjadi saat itu.
4.         Menjadi gemar membaca karena kita telah mengetaui banyak manfaatnya.
5.         Akan menimbulkan efek positif yaitu daya imajinasi akan terasah bila kita senang membaca.
Mengikuti Program Seminar
1.         Pengetahuan kita akan bertambah dengan adanya pelatihan-pelatihan.
2.         Mengetaui lebih jelas sebab secara terperinci akan dikupas secara tuntas dari pembicara.
3.         Mengetahui secara langsung sosok pembicara sehingga sedikit banyak akan memberikan gambaran ataupun menjadi suri tauladan bagi para peserta seminar.
4.         Dalam forum diskusi atau (tanja jawab) kita dapat mengetahui cara dan gaya yang benar ideal dari seseorang yang menyampaikan masalah atau idenya.
5.         Kita mendapatkan sahbat dan teman baru serta manfaat untuk menunjang karir.
Mendengarkan acara TV/Radio
  Kebanyakan masyarakat kita lebih condong ,melihat acara TV yang sifatnya hiburan. Padahal sebenarnya ada manfaat yang besar sekali dibalik acara-acara berita, informasi, atau ceramah-ceramah lainnya.
Beberapa manfaat yang kita petik adalah:
1.         Kita lebih cepat mendapatkan berita-berita yang Up to date.
2.         Kita langsung mendapatkan informasi tanpa susah-susah kita membaca.
3.         Menambah bahan pemikiran kita dari informasi itu apalagi pada saat-saat kita melangkah untuk maju.
Mengikuti kursus-kursus
Kursus merupakan alternatuf pilihan yang bagus dan sesudahnya dapat langsung terjun di dalam masyarakat. Di dalam kursus banyak mengajarkan tentang ilmu pengetahuan atau pengalaman yang tepat guna. Misalnya, sebagai guru tak ada salahnya untuk kursus keterampilan menjahit, ataupun untuk memperdalam tentang computer dll. Hal ini justru akan menjadi nilai plus bagi dirinya selain mempunyai kerampilan juga bahkan dapat menjadi nilai tambah dari segi ekonomi. Juga menjadi investasi dalam kesibukan setelah pensiun. Bagi kaum putri mempunyai keterampilan sangatlah penting seperti menjahit, menyulam, atau memasak di samping dapat menghemat keungan juga dapat dijadikan sebagai pembuka lapangan pekerjaan. Sekian semoga dapat bermanfaat J.

0 komentar:

Posting Komentar