RSS

Rabu, 25 Desember 2013

Beberapa Alasan Mengapa Kamu Harus Duduk Di Depan


Duduk di bangku depan pada waktu pembelajaran, mungkin menjadi momok tersendiri ya... di kalangan pelajar dan bahkan masih di jumpai beberapa dari kalangan mahasiswa yang masih punya bawaan dari status yang disandangnya dulu sebagai pelajar heehee maaf ini, bukan maksud.  Waduh… udah dak zaman banget ni pastinya, jaim dongk dengan status yang kini disadang  sekarang MAHASISWA  gitu Lhoo…, J “ Maha” artinya kan  besar  “Siswa” itu  ya… murid atau siswa itu sendiri. Jadi bisa disimpulkan sendiri kan  teman-teman “MAHASISWA” itu apa? Murid atau pelajar yang sudah besar istilahnya sudah dewasa, yang mana sudah dapat bertangguang jawab sendiri atas segala tindakannya.
            Yupzz, setelah tau, maka kita harus punya sugesti untuk mengubah paradigma tentang duduk di depan sebagai momok. Apalagi jika ada mahasiswa ataupun siswa tersebut yang lemah dalam menagkap pelajaran atau materi kuliah ditambah para pengajarnya yang terkenal galak ataupun killer. Maka tak jarang malah lebih milih duduk di belakang dengan berbagai alasan supaya dak ditunjuk guru atau sekedar ingin mengobrol karena pembelajaran boring dan sulit. Bahkan yang lebih ironisnya lagi ada yang di belakang ingin “ngadem” di deket Ac wah, ini ni yang masalah.
            OK guys! Kalian dak usah minder duduk di depan jika kalian masih merasa sulit dalam menangkap materi pembelajaran. Banyak kok manfaat yang kalian dapatkan jika duduk di depan. Ada beberapa alasan mengapa kalian harus duduk di depan:
1.  Kamu akan bertemu teman-teman yang lebih cemerlang dan pintar dari darimu. Memang benar orang yang berbakat secara akademis bisa duduk dimana saja, tetapi secara presentase kebanyakan dari mereka duduk di dekat guru atau dosen. Begitu juga dengan para mahasiwa yang lulus dengan cepat sudah pasti condong untuk duduk di dekat dosen mereka. Tips tamabahan; bersahabatlah kepad mereka, dengan sopan santun, dan berilah mereka perhatian penuh. Hal ini akan membantu kamu ketika kamu tidak mengeti akan beberapa pelajaran yang kurang jelas dalam penyampainnya. Juga dalam hal kesempatan untuk bertanya itu lebih diutamakan plus, mereka akan bisa terbantu dengan mencoba mengira-ngira pertanyaan apa yang bakal akan muncul pada Ulangan Tengah Semester ataupun Ulangan Akhir Semester.
2.  Para siswa yang duduk di bangku  terdepan kemungkinan besar mencatat pelajaran dengan lebih baik dan tentunya semakin lengkap ya… sehingga itu sangat menguntungkan kita sekali.
3. Kamu tidak akan berani tidur atupun ngalamun dengan mikirin hal-hal yang ada di luar sana istilahnya pikirannya dak “ngalor-ngidul” dak jelas. Pasti kamu akan merasa diawasi dan diperhatikan.
4.  Dengan duduk di depan maka kamu member kesempatan pada dosen untuk mengenal kamu lebih dalam mengenal kamu. Kalu dosen bisa kamu dekati berati kamu punya sesuatu hal yang membedakan dirimu dengan teman yang lain. Bahwa kamu punya sesuatu yang harus dipertanggung jawabkan.
5. Kalau kamu duduk di bangku depan, maka kamu akan jadi tambah pede. Kamu akan merasa lebih positif saat belajar untuk menghadapi ujian atuapu pre test yang mendadak dilakukan.
6.  Jika kamu duduk di depan maka akan memantapkan mental kamu untuk terbiasa duduk di depan  dengan mengerjakan sendiri pekerjaan secara mandiri. Maka hal inilah yang akan melatih dalam kejujuran kamu untuk mengerjakan tanpa tergoda ataupun bekerja sama dengan teman yang lainnya.
7. Ingatlah nasihat: jangan duduk terlalu dekat dengan api (yaitu berdekatan dengan seseorang yang menularkan sisi negatifnya). Emhmm… ini ni yang  bahaya banget, kita jadi orang-orang yang merugi dengan ilmu yang diberikan oleh para sumber ilmu.


Yupzz… itu tadi beberapa ulasan yang melatar belakangi mengenai “Alasan Mengapa Kamu Harus Duduk di Bangku Depan”. Sebenarnya kalau kita kembangkan lagi masih banyak segudang manfaat yang akan kita terima jika duduk di depan, dari segi penyampainnya  materi kerdengaran paling jelas, tidak terganggu pandangan ke depan dengan sesuatu hal, konsentrasi  lebih focus lain-lainya. Nah, kalau sudah paham dan mengerti ngapauin harus takut duduk di depan. Mulailah dan lakukkan karena apa yang kamu lakukan hari ini adalah penentu masa depan panjangmu kelak. Salam SEMANGAT JJJ.

0 komentar:

Posting Komentar