RSS

Rabu, 25 Desember 2013

Opini

ARTI SAHABAT SEJATI


Apa sich yang ada dalam benak kamu, jika kita ngomongin masalah tentang Arti Sahabat bagi kamu? Hemhm, pastinya kamu akan mengira jika sahabat sejati itu adalah sahabat yang selalu seiya sekata akan segala pendapat kamu, yang selalu memuji kamu dan tentu selalu ada buat kamu! Yapzz.., itu mungkin ada benarnya juga namun itu belum tepat lho… sobat. Nah untu lebih jelasnya Yukkk.., kita simak di bawah ini.
Manusia adalah zoon politicon menurut Aristoteles, maksudnya adalah makhluk yang pada dasarnya itu selalu ingin bergaul dan berkumpul dengan sesama manusia lainnya, tidak dapat hidup seorang diri pasti membutuhkan dengan yang lainnya Okey!. Adakah di antara kalian yang dapat hidup seorang diri tanpa ada orang lain? Hayoo siapa? Saya yakin pasti dak ada yang mau jujur. Pastinyalah saya yakin bahwa tidak ada manusia yang tidak membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya.
Persahabat membuat kita menjadi lebih baik
Adakah diantara kalian yang punya sahabat tapi membuat diri kita menjadi tidak lebih baik? Mungkin ada ya, nah itu tu yang namanya sahabat “gadungan” alis ilegal. Nah, bila kita ni sedang punya masalah yang tidak dapat kita pecahkan, atau sedang buntu dalam masalah saat di kos gitu ya, siapa orang pertama yang mau ngebantu? mau peduli? Mau di ajak curhat? Siapa lagi gak lo yang namanya sahabat. Yupz, kalau gitu saat pikiran kita lagi beku-bekunya untuk menyelesaikan masalah ini ni fungsi peran sahabat untuk bisa ngencerin lagi dengan adanya masukan ataupun saran dari sahabat sebagi jalan solusinya. Yah, tentunya sahabat sejati kamu yang paling kamu percaya dungk.
Persahabatan itu dapat membuat ketentraman
      Misalnya aja ya, kita lagi be-te dengan segala permasalahan pribadi. Siapa yang pertama tau? Ataupun kamu curhatin? Sahabat khan? Saat kondisi hati yang risau, bingung, tak tau arah, sakit hati, kacau pikirannya. Disaat seperti itu pastinya kamu butuh seseorang yang bisa ngertiin kamu, dn pastinya bisa menghibur sekaligus menenangkan hati kamu. Sahabat adalah sosok yang paling tepat yang bisa ngertiin kamu, bisa menerima kamu apa adanya, bisa ikut tertawa saat kamu bahagia, ikut meneteskan air mata di saat kamu sedih. Kalau sahabatmu ada saat kamu bahagia , lulus ujian, saat koceknya penuh, masuk ujian, ataupun saat married tetapi dia menghilangs aat kamu butuhin, sedih, kehilangan orang tua, ataupun nagak punya uang. Ia itu namanya bukan sahabat yang sejati.
 Ada juga pendapat fillusuf Aristoletes bahwa”Sahabat terbaik adalah seseorang yang menghendakinya untuk berbuat baik demi dirinya sendiri”. (Sumber: majalah MOP 300 agustus 2007). Maksud dari arti kata tersebut bahwa sebagai seorang sahabat adalah orang yang selalu menginagtakan kita agar senantiasa beruat baik. Nah, dibalik itu senua ternyata ada kewajiban lho sebagai seorang sahabat. Mau tau pa aja kewajibannya? agar kita  bisa bercermin dalam diri. Yuk kita simak di bawah ini:
·           Mau menolong kita jika kita sedang keadaan down.
·           Mau menolong kita saat kita butuhkan dan iklas membantu kita.
·           Mau memaafkan jika kita mempunyai salah.
·           Mau menghibur jika kita sedang sedih.
Sahabat sampai akhir hayat, siapa takut? simak tips di bawah ini agar hubungan persahabatan kamu tetap utuh, saling menghargai dengan yang lain, tetap selalu sejalan dan kompak pastinya:
·           Selalu jujur padanya
·           Katakan kalau kamu juga menyayanginya
·           Berilah dia hadiah meskin hanya sebuah senyuman
·           Hiburlah dia jika sedang sedih
·           Lebih suka memberi dan mendengarkan
·           Selalu support segala tindakan positifnya
·           Hindari hal-hal yang kita benci dan dia benci
·           Mampu membaca dan memahami keadaan sahabatnya.


Nah itu di Sobat, ada beberapa point kewajiban yang harus di jalankan sebagai seorang sahabat. Bukan masalah tentang keformalannya tapi secara logika hal itulah yang menjadi pijakan kita agar kita termasuk dalam kriteria sebagai seorang sahabat sejati yang baik, dan tentunya bisa awet meskipun ada beberapa faktor keadaan yang menghalangi seperti jarak dan tempat. Namun hal itu tak jadi mengapa di era global yang kesemuannya serba canggih ini. Jpesan saya jadikanlah semua orang di dunia ini sebagai seorang sahabat kamu maka kamu akan merasa kurang dan terus mencari. Namun jika kita punya satu musuh maka seakan dunia ini bagaikan medan perang yang senantiasa kita merasa takut dan merasa ada yang selalu mengintai. Semoga setelah kamu membaca tips ini bisa dijadikan paduan kamu ya sobat untuk jadi sahabat sejati. Salam SEMANGATJ.

0 komentar:

Posting Komentar