RSS

Kamis, 26 Desember 2013

Tips-tips

Dibalik Rahasia Shalat Tahajud


Shalat tahajud disebut shalat lail (shalat malam), merupakan salat yang dikerjakan pada malam setelah melakukkan shalat isyak atupun lebih utamanya setelah tidur. Hal ini dilakukkan karena pada utamanya shalat tahajud dikerjakan oleh seseorang secara khuyuk dan tidak dipengaruhi oleh hal-hal di luar dirinya, di mana setiap orang sedang dalam keadaan tidur yang mengundang situasi yang sunyi senyap. Yang ada hanya dirinya yang bersimpuh dirinya yang sedang menghadap kepada Allah. Tetapi yang utama kira-kira sekitar pukul 03.00 malam, dan dikerjakan sendirian (munfarid). Hukumnya sunnat muakkad, lebih baik dikerjakan sesudah bangun tidur dan ditutup dengan witir.
Karena pentingnya shalat tahajud untuk dikerjakan bagim setiap orang muslim, maka Allah dengan tegas menganjurkan dalam firmannya.
Yang Artinya:
“Dan pada sebagian malam hari bersembahyanglah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu : mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”
                                                                                                                        (Qs. Al-Isyra’: 79)
Ayat tersebut merupakan Petunjuk Allah kepada hambanya untuk menjadi jalan keluar dalam menghadapi  tantangan hidup yang bersifat moral maupun yang bersifat material.
Pada hadis lain menyebutkan :
YANZZILU RABBUNA ILAA SAMAA-ID DUN-YA IIIIA YABQAA TSULUTSUL LAILIIL AAKHIRI, FAYAQULU : HAL MIN DAA-‘IN FA ASTAJIBU LAHU, HAL MIN SAA-ILLIN FA-A’THIYATAHU, HAL MIN MUSTAGHFIRIN FA-AGHFIRU LAHU, HATTAA YATHLU’AL FAJU.
Artinya :
Perintah Allah turunkan ke langit dunia di waktu tinggal seprtiga malam, lalu beseru :Adakah orang-orang yang memohon (berdoa), pasti akan Kukabbulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan Kuberi dan adakah yang mengharap/memohon ampunan, pasti akan Ku ampuni baginya. Sampai tiba waktu subuh.
Shalat tahajud akan terasa berat bagi orang yang belum bias melakukkannya. Akan tetapi jika telah terbiasa akan terasa ringan. Shalat tahajud sangat  baik dilakukkan bagi setiap muslim, terutama bagi orang yang mempunyai cita-cita tinggi. Karena shlata demikian akan memperkuat kemauan, memperteguh mental, serta mempertebal iman.
Tatkala orang bertanya pada Nabi Muhammad saw. “Sembahyang apakah yang lebih utama darimsembahyang fardu yang lima?” beliau bersabda, “Shalat tengah malam.”
Dari penjelasan Rasullah Saw. Itu dapat kita ketahui bahwa shalat tahajud adalah shalat yang lebih utama sesuda sembahyang fardu. Betapa beratnya untuk bangun tengah malam disaat-saat sedang nyenyak tidur. Tetapi bagi orang yan beriman, dia akan sanggup mengorbankan kesengannya demi untuk mematuhi perinta Allah. Karena pengorbanan dan kecintaanya kepada Allah itu, Allah pun akan memberikan ganjaran dan karuni-Nya pula. Akan diberi kedudukan terpuji.
Manfaat shalat tahajud itu ialah:
1)      Allah akan senantiasa menerangi hati kita, dan wajah kita diberi sinar kebahagiaan sampai akhirat.
2)      Mendekatkan diri, memohonampn dan melebur dosa.
3)      Mengikuti sunah Rasullullah saw.
4)      Melengkapi ibadah yang telah dikerjakan.

Disini saya akan berbagi tips kepada anda semua untuk bisa bangun dan mengerjakan shalat tahajud, agar dapat mendukung segala cita-cita dan pengaharapan kelak sepeti yang sudah di uraikan di atas simaklah Tips Shalat tahajud di bawah ini:
1)   Biasakan tidur awal
2)   Bersungguh mengamalkan
3)   Jangan paranoid
4)   Senantiasa menjaga keokhlasan
5)   Cobalah untuk mengenali dan menyesuaikan waktu tidur
6)   Usahakan bisa tidur siang
7)   Jangan lipa untuk memasang alarm
8)   Bergabunglah dalam komunitas dengan adanya program miscall
9)   Programlah segala aktivitas siang
10)    Tanamkan rasa rindu, karena malam itu adalah waktu saat Allah paling dekat hambanya, dan waktu yang tepat do’a dikabulkan
11)    Jangan makan malam terlalu kenyang
12)    Usahakan sebelum tidur ada niat dan berwudhu terlebih dahulu


Nah itu sedikit tips dari saya, semoga yang sedikit ini dapat memberikan yang manfaat bagi pembaca dan khususnya untuk diri saya. Selamat mencoba dan sukses.J

0 komentar:

Posting Komentar