RSS

Jumat, 13 Desember 2013

Kepramukaan


ONDGP (Orientasi Nilai-nilai dasar Gerakan Pramuka)
Oleh: Anggun Nofitasari


               Pada tanggal 10 November 2013 Racana  Arjuna–Srikandi melaksanakan kegiatan Orientasi Nilai-Nilai Dasar Gerakan  Pramuka (ONDGP) yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Camping Ground pantai Glagah.  ONDGP merupakan kegiatan kepramukaan  yang berorientasi untuk memperkenalkan kepramukaan di Gugus depan perguruan tinggi  khususnya Universitas PGRI  Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan secara periodik 1 tahun sekali dalam bentuk pemberian bekal, pengembangan wawasan dasar kepramukaan serta permainan yang berupa outdoor  management games kepada mahasiswa baru khususnya calon anggota racana.
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai  bentuk dari ajang penerimaan anggota baru  juga sekaligus merayakan hari ulang tahun racana Racana  Arjuna –Srikandi Universitas PGRI Yogyakarta. Acara pada kegiatan ini mengusung beberapa tema yang diambil yaitu 1) Peran Strategis pramuka Mahasiswa di masyarakat dalam era globalisasi.  2) Implementasi Pendidikan berkarakter melalui kegiatan Pramuka Mahasiswa. 3)Melalui hari pahlawankita bangkitkan kembali semangat perjuangan bangsa dengan IPTEK dan IMTAK sebagai cara untuk mencapai cita cita.
Pada dasarnya Gerakan Pramuka merupakan  wadah pembinaan yang lebih menitik beratkan kepada pembinaan watak serta mental sepiritual sehingga Gerakan Pramuka  bertujuan membentuk generasi muda yang berkepribadian dan berbudi pekerti luhur dengan tetap berpegang teguh pada pancasila. Guna mewujudkan tujuan di atas maka gerakan pramuka berupaya melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat  wawasan, di harapkan anggota gerakan pramuka bertambah pengalaman, pengetahuan dan ketrampilan, sehingga akan menjadi bekal hidup yang bermanfaat bagi diri pribadi maupun masarakat sekitar.
                Dengan adanya Trisatya disamping Tri Darma perguruan tinggi termasuk di dalamnya adalah partisipasi gerakan pramuka dan perguruan tinggi dalam membangun masyarakat  sehingga dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan berorientasi pada keterlibatan generasi muda dalam keikut sertaanya membangun masarakat.
          Atas dasar pemikiran tersebut maka perlu adanya orientasi nilai-nilai dasar gerakan pramuka (ONDGP) bagi mahasiswa baru khususnya calon anggota racana sehingga diharapkan calon anggota racana selaku calon pendidik nantinya sebagai Pembina pramuka mendapatkan pengetahuan, minimal pengetahuan tentang kepramukaan dan siap menjadi Pembina pramuka yang professional.
          Maka penunjang demi terealisasi hal tersebut, Racana Arjuna-Srikandi Gugus depan  bantul 03049-03050 pangkalan Universitas Pgri Yogyakarta bermaksud menyelenggarakan orientasi nilai-nilai dasar gerakan pramuka (ONDGP) sebagai salah satu sarana dalam menciptakan kandidat-kandidat pendidik yang berkompeten, tangguh, berkualitas, inovatif, kreatif serta professional dengan berbekal imtak dan iptek dalam mewujudkan generasi berilmu.

0 komentar:

Posting Komentar